Apa Pengertian Koma Hiperglikemik Pada Penderita Diabetes Mellitus dan Bagaimana Gejalanya?


Apa Sebenarnya Pengertian Koma Hiperglikemik Pada Penderita Diabetes Mellitus dan Bagaimana Gejalanya?
Pengertian dari kom hiperglikemik sendiri adalah kondisi seseorang yang kritis dan tidak sadarkan diri karena tingginya kadar gula darah dalam tubuhnya, biasanya bisa dilihat dari hasil cek GD sampai diatas 200 m/dl. Pada kadaan koma ini sebenarnya penderita masih hidup dimana jantung masih bekerja, dan juga organ lain seperti paru, ginjal, dll. Namun dia tidak sadarkan diri dan tentu tidak bisa berbuat apa-apa. Istilah lain dari koma hiperglikemik adalah koma ketoasidotik. Lama terjadinya bisa selama sehari bahkan ada juga yang melebihi. Sebenarnya ada beberapa macam namun yang paling sering terjadi adalah koma jenis diabetik atau koma ketoasidotik.

pengertian dan gejala koma hiperglikemik, diabetik dan ketoasidotik

Apa yang menjadi penyebab koma hiperglikemik?
Penyebabnya adalah kurangnya dosis insulin atau obat. Asupan makanan yang terlalu banyak masuk dalam tubuh sedangkan penderita lupa untuk minum obat/insulin menjadi salah satu penyebab utama koma ini.

Apa Gejala yang terjadi sebelum terjadi koma hiperglikemik?
Keluhan khas diabets yang bertambah hebat misalnya, semakin cepat haus, banyak minum, namun badan semakin lemas, serta dari nafasnya akan tercium bau aseton yang menyengat sebagai tanda penderita mengalami keracunan aseton. Mual dan gelisah juga menjadi gejala pendunkung gangguan ini. Pada orang dengan DM tipe 1 biasanya terjadi karena penderita telat dalam mendapatkan suntikan insulin, atau kadang kurang juga menjadi salah satu penyebab. Tidak jarang seseorang menderita DM tipe 1 baru diketahui setelah mengalami koma hiperglikemik. 

0 Response to "Apa Pengertian Koma Hiperglikemik Pada Penderita Diabetes Mellitus dan Bagaimana Gejalanya?"

Post a Comment