Pengertian Neuropati / Komplikasi Syaraf Pada Penderita Diabetes (DM)

Mari kita mengenal pengertian dan gejala komplikasi syaraf atau biasa disebut dengan neuropati pada dunia kedokteran. Sistem syaraf dalam tubuh bekerja seperti sistem kelistrikan dalam dunia luar. Jika kitamenginginkan otot kita untuk bergerak maka otak akan mengirimkan layaknya listrik yang melewati kabel, namun apa jadinya dan apa akibatnya jika seseorang dengan diabetes, apakah akan mengalami gangguan yang mengganggu jalannya proses syaraf yang sejatinya lancar saat sehat dan kadar gula normal.

Biasanya neuropati akan terjadi pada bagian tubuh seperti di bawah ini :
1. Komplikasi Syaraf DM di kaki dan tungkai.
Neuropati pada tungkai dan kaki akan terasa di daerah tungkai bawah dan kaki bagian kiri dan kanan, gejalanya mulai dari kesemutan, dan jika parah maka akan terjadi baal atau banyak disebut dengan mati rasa. Kadang kadang juga terjadi panas, seperti rasa kita terkena cabai pedas. Jika orang merasakan nyeri dengan denyut terus menerus maka bisa saja kan mengganggu tidurnya. Karena ada juga gejala seperti ini.

2. Neuropati pada saluran pencernaan. 
Neuropati pada saluran pendernaan bisa menyebabkan diare dan biasanya akan terjadi pada waktu malam hari, Namun juga ada sebagian orang yang mengalami gangguan konstipasi akibat dari neuropati saluran pencernaan ini. (sulit buang air besar)

3. Neuropati Kandung kencing.
Untuk kandung kencing keluhannya adalah kencing yang tidak lancar, Jika tidak diobati dengan baik maka akan timbul infeksi dan rasa sakit pada saluran kandung kencing tersebut.

Sedikit ulasan mengenai Neuropati dan gejala dari komplikasi syaraf pada pasien / penderita diabetes (DM). Semoga bermanfaat unutk kita dan keluarga kita sebagai upaya p[encegahan terhadap DM.

0 Response to "Pengertian Neuropati / Komplikasi Syaraf Pada Penderita Diabetes (DM)"

Post a Comment