Pengertian, Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Apakah anda tahu bahwa anda sudah terbebas dari batu ginjal, setiap orang pasti tidak tau karena gejala batu ginjal tidak begitu kelihatan. Jika masih terletak di ginjal dan ukuran dan volume masih sedikit maka seseorang tidak akan bisa merasakannya. Justru ketika batu ginjal membesar karena berjalannya waktu, maka yang terjadi adalah sakit yang tidak bisa ditahan. bahkan ada juga dari pasien sampai pingsan karena kesakitan. hal ini terjadi biasanya karena adanya gesekan antara kristal batu ginjal dengan diding ureter, (saluran kemih). Dan ada juga terjadi perdarahan.

Gejala batu ginjal dan penyebabnya.

Pada awal gejala seorang pasien akan mengalami beberapa keluhan seperti sakit pinggang, pada selangkangan dan perut bagian bawah, ada juga yang mengeluh muntah, panas demam mengigil. 

Apa Pengertian batu ginjal?
Batu ginjal keadaan dimana terjadi pembentukan material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa proses limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal skarena berjalannya waktu. Hal ini terjadi karena penderita sering mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya batu ginjal, bisa karena jarang minum air putih.

Seorang dokter dalam menentukan sesorang didiagnosis batu ginjal juga sangat hati hati, mulai dari riwayat terdahulu apakah pernah mengalami, riwayat keluarga, riwayat makanan suplemen. Dan bisa juga dokter akan memutuskan melakukan tes urin, tes darah, dan pemeriksaan lewat citra gambar seperti intravenous urogram, CT scan, dan X-ray. Hal ini sebagai penunjang jika dari pemeriksaan fisik belum bisa ditentukan.

Bagaimana pengobatan dan pencegahannya?
Pengobatan Batu ginjal bisa dilakukan dengan 2 cara, dengan obat minum jiak dokter mempertimbankan batu ginjal masih bisa keluar melalui saluran kemih karen ukuran yang belum terlalu besar. Namun ada juga pilihan operasi jika ukuran sudah besar dan ditakutkan bisa merusak ginjal itu sendiri. 
Sebagai langkah pencegahan dari penyakit ini anda cukup minum air putih cukup sehingga saluran pembuangan kristal yang menumpuk di saluran kemih bisa lancar. Sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan, minuman, dan suplemen yang biasanya ada zat-zat yang berpotensi menjadi penyebab batu ginjal, sebagai contoh oksalat, kalsium dan protein.

0 Response to "Pengertian, Gejala dan Penyebab Batu Ginjal"

Post a Comment