Awas Gagal Ginjal, Ini 10 Gejalanya !!

Sudahkah anda tau gagal ginjal itu apa dan apa saja gejalanya, gejala  gagal ginjal bisa saja terlihat namun juga tidak terlihat, yang harus anda tau adalah ginjal kita memiliki fungsi yang vital bagi tubuh kita. Walaupun kita punya 2 ginjal secara normal, namun jika sudah rusak semua maka bisa dimungkinkan kita harus cuci darah seumur hidup. Padahal cuci darah juga tidak murah dan ribet, seminggu biasanya harus 2 atau 3 kali ke rumah sakit dan akan menguras waktu dan tenaga anda.

gejala gagal ginjal

Pengalaman dari sahabat saya yang sekarang sudah almarhum, dia menjalani cuci darah karena gagal ginjal, awalnya karena minum obat tanpa dosis dan kurang minum air putih. Ini yang menjadi penyebab gagal ginjal. Sempat menjalani cuci darah di rumah sakit dengan BPJS, walaupun tidak bayar namun tetap saja tidak akan bisa normal kembali seperti orang biasa,. Namun agar anda waspada maka kami akan menyampaikan beberapa gejala yang mungkin saja terjadi ketika seseorang mengalami gagal ginjal :

  1. Kehilangan berat badan dan rasa ingin makan menjadi malas
  2. Pembengkakan di bagian kaki, sebagian tumit dan tangan. Bisa juga sampai daerah pipi. segera periksakan ketika anda mengalami hal ini, 
  3. Napas yang pendek dan terengah engah, penderita gagal ginjal biasanya mudah lelah
  4. Adanya protein atau darah dalam urin , hanya bisa dilihat dari cek lab kebocoran protein dalam air kencing kita
  5. Sering merasakan ingin buang air kecil saat  malam hari
  6. Susah untuk tidur
  7. Gatal pada kulit sebagai efek fungsi pembuangan kotoran tubuh yang sudah berkurang fungsinya.
  8. Pada sebagian orang sering terjadi kram pada otot
  9. Naiknya tekanan darah, karena proses cuci darah di ginjal sudah tidak baik
  10. Mual dan muntah
Itu adalah 10 hal yang wajib anda waspadai dari gagal ginjal, pencegahan awal gagal ginjal adalah dengan cek lab urine, bisa di puskesmas, rumah sakit, atau laboratorium klinik. Apalagi jika anda punya BPJS. Anda bisa langsung konsultasi ke dokter dan sampaikan gejala anda dan mungkin dokter akan mempertimbangkan utnuk melakukan cek urine sebagai pemeriksaan fungsi ginjal. Masih baik ataukah tidak, karena sudah terjadi kebocoran protein.
Jenis gagal ginjal ada 2 yaitu kronis dan akut, jika anda ingin tau maka simak di artikel kami yang lain.

0 Response to "Awas Gagal Ginjal, Ini 10 Gejalanya !!"

Post a Comment