Komplikasi yang Sering Timbul Pada Penderita Diabetes / Kencing Manis

Kamis, 15 November 2012

Akibat fatal komplikasi yang ditimbulkan pada penderita kencing manis / diabetes yang tidak melakukan kontrol yang baik terhadap kandungan gula darah dalam tubuh memiliki efek yang buruk ke depannya. Mungkin beberapa saat akan terlihat biasa saja. Namun sebenarnya dibalik itu akan ada bahaya dan resiko mengancam penderita. Mari kita bahas sedikit untuk pembahasan akibat yang bisa saja ditimbulkan oleh pembunuh berdarah dingin ini.
macam macam komplikasi sering terjadi pada kencing manis
Kencing manis dapatlah disamakan dengan tanah yang subur, karena banyak sekali penyakit-penyakit yang dapat timbul sebagai komplikasi dari kencing manis antara lain:
1. Penyakit penyempitan pembuluh darah Jantung. Hal ini disebabkan mudahnya lemak menempel pada lapisan dalam pembuluh darah yang mengalir ke jantung.
2. Penyakit penyempitan pembuluh darah ginjal. Sehingga dengan demikian ginjal tidak berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat sisa sebagaimana layaknya. Bahkan penyempitan pembuluh darah ginjal ini menyebabkan ginjal mengeluarkan zat yang disebut dengan "angiotensin" yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Sehingga berpasanganlah kencing manis dengan darah tinggi untuk merenggut nilai kesehatan seseorang.
3. Penyempitan pembuluh darah otak.
Hal ini terjadi dapat berupa penutupan pembuluh darah otak secara mendadak. Pengurangan fungsi otak dalam waktu pendek disebut dengan "stroke" sehingga kesadaran menghilang atau lumpuh separuh badan.
Penyempitan pembuluh darah otak ini dapat pula berlangsung secara perlahanlahan yang mengakibatkan otak kekurangan darah sehingga sel otak diganti oleh jaringan ikat. Akibatnya maka timbullah berbagai gejala yang menyebabkan kehilangan nilaisosialnya, pelupa, kesukaran mengingat, bahkan kadang-kadang lupa untuk berbicara.
4. Mata.
Banyak gejala kencing manis ini pada mata antara lain kesulitan membaca bahkan sampai terbentuknya lapisan pada lensa mata dan tak jarang pula saraf mata dapat terse-rang sehingga menimbulkan kebutaan.
5. Berbagai macam infeksi seperti infeksi tuberkulosis dan infeksi lainnya seperti infeksi pada kaki.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...