Pendahuluan Mengenai Pengertian Kencing Manis / Diabetes

Kencing manis memang sudah dikenal sejak lama, namun dalam istilah mudah tentu kita juga harus tau seluk beluk mengenai penyakit mematikan yang satu ini. Kencing manis / diabetes, apa itu?

APA SEBENARNYA PENGERTIAN ISTILAH KENCING MANIS /DIABETES PADA MANUSIA?
Penyakit kencing manis (diabetes mellitus) suatu penyakit yang dalam air kencingnya penderita terdapat gula. Penentuan adanya gula dalam air kencing dapat dilakukan dengan "tes kertas", dengan tes kertas dapat diketahui ada atau tidaknya gula dalam air kencing di camping dapat pula diketahui berapa kadar gula dalam air kencing. Pada orang normal tidak terdapat gula di dalam air kencing walaupun kadang-kadang jugs didapatkan gula dalam air kencing akan tetapi penyakit dernikian tidak disebut kencing manis.
Demikian pula halnya oleh karena suatu sebab ginjal tidak dapat menyerap gula sehingga dalam air kencing didapatkan pula gula. Penyakit ini walaupun dikatakan penyakit kencing manis akan tetapi bukanlah penyakit kencing manis sesungguhnya.
Secara klasik dapat dibuktikan dengan melihat apakah air seni penderita dikerumuni semut atau tidak. Akan tetapi berapa jumlah semut yang datang tidaklah menjadi ukuran bagi dokter untuk mengetahui tingkat penyakit kencing manis anda. Sehingga kapan seharusnya anda diet dan berapa lama, dapat dijawab dari tes yang dilakukan.

MENGAPA TERDAPAT GULA DALAM AIR KENCING?
Untuk pertanyaan ini ada 2 jawaban:
1. Kadar gula dalam darah tinggi.
Keadaan ini menyebabkan ginjal tidak mampu untuk menyerapnya kembali maka akan keluarlah gula ini bersama air kencing.
2. Kadar gula dalam darah normal tetapi ginjal kehilangan kemampuan untuk menyerap gula dan penyakit fid bukanlah kencing manis. Keadaan ini jarang terjadi akan tetapi untuk memastikan terdapatnya gula dalam air seni, sebagai penyakit kencing manis atau tidak haruslah terlebih dahulu memeriksakan gula darah.

cek GDS pada pasien diabetes
BERAPA KADAR GULA DARAH YANG NORMAL?
Hal ini tergantung pada kapan mengambil darah dilakukan. Pada waktu puasa kadarnya lebih rendah, yakni antara 70 sampai 80 mg. Sedangkan pada waktu 2 jam sesudah makan merupakan kadar tertinggi yakni antara 120 sampai 130 mg. Dalam kedua keadaan ini maka seluruh gula yang dikeluarkan oleh ginjal akan diserap kembali oleh ginjal sehingga tidak terdapat gula di dalam air seni. Akan tetapi bila didapatkan kadar gula dalam darah tinggi, terutama 2 jam sesudah makan dan bila kadarnya di atas nilai ambang (lebih darl 180 mg) maka ginjal tidak lagi dapat menyerap seluruh gula yang dikeluarkan melalui ginjal, ini maka terdapatlah gula di dalam air kencing.
Secara kadar dapatlah dinyatakan makin tinggi kadar gula dalam darah, makin tinggi Pula kadar gula dalam air kencing.

0 Response to "Pendahuluan Mengenai Pengertian Kencing Manis / Diabetes "

Post a Comment