Cara mengatur konsumsi karbohidrat, kalori, dan juga tips diet sukses untuk penderita kencing manis / diabetes.

Cara mengatur konsumsi karbohidrat dan kalori, dan juga tips diet sukses untuk penderita kencing manis/diabetes.
Seperti telah diterangkan sebelumnya biang keladi dari penyakit diabetes adalah berupa kurangnya fungsi alat pengatur gula dalam darah. Sedangkan gula dalam darah berasal dari karbohidrat apa pun yang di makan. Oleh karena itu ada 2 jalan untuk membatasi hidrat arang ini:

1. Jumlah karbohidrat yang dimakan dibatasi.
Satu gram karbohidrat yang dimakan akan menghasilkan 4 kalori. Enam puluh persen dari total kalori yang anda peroleh dianjurkan dari karbohidrat, bagi penderita kencing manis. Sedangkan pada yang bukan penderita kencing manis persentase ini dapat saja bervariasi lebih tinggi atau lebih rendah.
Berapakah kebutuhan kalori anda perhari? Di sinilah letaknya seperti permainan kartu. Bila berat badan anda di atas berat badan ideal maka jumlah kalori yang diberikan haruslah lebih rendah agar berat badan anda turun lagi sampai mencapai berat badan ideal.
Misal seorang dengan berat badan 60 kg dan tinggi 160 cm. Aktivitas kerjanya sehari-hari memerlukan 20% dari kalori tambahan, maka dapat dibuat perhitungan sebagai berikut: Jumlah kalori basal yang dibutuhkan ± 2160 kalori. Bila anda bermaksud menurunkan berat badan maka jumlah kalori yang dibutuhkan cukup 1900 kalori sehingga 2160 kalori (2160-1900 kalori) dihasilkan dari pembakaran lemak. Oleh karena 1 gram lemak menghasilkan 8 kalori berarti berat badan anda akan menurun dalam sehari sebanyak 260:8 = 32,5 gram. Berarti dalam I bulan berat badan anda akan turun sebanyak: 30 x 32,5 gram = 9750 gram.
Akan tetapi, perhitungan im hanya di atas kertas oleh karena:
a. Makanan anda tidak akan seketat yang direncanakan sebagaimana kebiasaan anda untuk jajan.
b. Oleh karena itu untuk mengurangi berat badan adalah dengan olah raga. Olah raga yang terbaik untuk anda adalah jalan kaki, oleh karena 1 jam jalan kaki menghabiskan 250 kalori.

2. Pembagian hidangan makanan diubah.
 Biasanya pada orang Barat makan pagi sedikit, makan slang lebih banyak dari makan pagi. Akan tetapi, makan malam (dinner)-lah yang merupakan makanan utama. Berbeda halnya dengan orang Timur, makan pagi jumlahnya juga sedikit, sedangkan makan slang dan makan malam merupakan makanan utama.
Bagaimana seharusnya pada penderita kencing manis. Haruslah diingat bahwa setiap makanan yang dimakan jumlahnya terbatas. Maka pembagian hidangan yang paling baik adalah bila jumlah makan pagi sama dengan jumlah makan siang dan sama pula dengan jumlah makan malam.
Dengan demikian dapat pula diharapkan bahwa kadar gula darah 2 jam sesudah makan tidaklah begitu tinggi.

0 Response to "Cara mengatur konsumsi karbohidrat, kalori, dan juga tips diet sukses untuk penderita kencing manis / diabetes."

Post a Comment