Kunci Sukses Dalam Pengobatan Diabetes (Kencing Manis), Apa Itu?


Kunci pengobatan bagi masalah penderita diabetes / kencing manis adalah kemalasan untuk berolahraga, padahal olahraga menjadi faktor yang begitu penting selain minum obat. Olahraga yang dikerjakan pun tidak perlu dengan cara ekstrim, cukup dengan jalan kaki selama 1 jam. Itu sudah cukup untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Anda memang tidak bisa sembuh, namun anda punya hak untuk mengontrol kadar gula darah sehat tersebut. Nah untuk itu mari kita belajar bagaimana olahraga jalan kaki itu bisa berefek terhadap penurunan kadar gula darah dalam tubuh jika diikuti dengan diet makanan sehat.
Untuk pembahasan awal, dalam rangka menanggulangi hal ini haruslah diperhatikan:

1. Makanan anda harus diatur.
Bagaimana anda mengatur makanan anda?  Begitu ketatnya diet di negara yang telah maju misalnya, beberapa dokter, telah menggunakan file yang berisikan perjanjian antara pasien dan dokter yang ditandatangam oleh pasien dan dokter . Biasanya perjanjian tersebut berisikan hal-hal seperti :
a. Berjanji untuk mengikuti daftar makanan khusus.
b. Berjanji untuk melakukan olah raga yang teratur sesuai dengan petunjuk dokter.
c. Berjanji untuk mengurangi berat badan sampai seberat yang ideal.
d. Berjanji untuk mengusahakan setiap saat agar pada air seni saya gula darah normal dan kadar lemak dalam darah saya usahakan tidak meninggi.

Bayangkan, di negeri yang kedisiplinannya sudah selangit toh harus diikat lagi dengan perjanjian yang selangit pula. Biasanya dokter akan menggunakan karbohidrat 60% dari kalori, kadar lemak yang rendah (20%) dari kalori kolesterol yang rendah dan garam yang rendah. Adapun diet yang dianjurkan untuk anda adalah sebagai berikut:

2. Tenaga yang berlebihan akan dikeluarkan melalui olah raga. 
Sebagaimana dinyatakan di atas bahwa olah raga adalah pelimpahan tenaga yang tertumpuk dalam badan. Sehingga bila tenaga yang dikeluarkan dengan olah raga ini ditambah dengan tenaga yang diperlukan oleh tubuh sehari-hari lebih kecil dari  jumlah bahan makanan yang dimakan maka berat badan akan menjadi turun. Misalnya badan memerlukan 2500 kalori sehari, lalu kita berikan daftar makanan 1500 kalori dan selanjutnya disuruh berjalan santai selama 1 jam sehari. Maka kejadian yang terjadi adalah ketidakseimbangan antara kalori yang masuk dengan kalori yang dikeluarkan:
a. Jumlah kalori yang masuk 1500 kalori.
b. Jumlah kalori yang dibutuhkan 2500 kalori karena berjalan.
c. Jumlah kalori yang dikeluarkan 250 kalori.

Maka keadaan kalori dalam badan adalah: 1500-2500-250 = –1250 kalori. Artinya pasien akan kekurangan 1250 kalori. Dari manakah kekurangan kalori yang sebanyak itu didapat? Jawabannya adalah dari lemak yang tersimpan dalam badan. Yaitu 1 gramnya menghasilkan 8 kalori dan oleh sebab itu 1250 kalori diambil dari 155 gram lemak. Selanjutnya timbanglah berat badan anda, segera berat badan akan akan turun 155 gram sehari. Tentu saja penurunan berat badan yang demikian agak drastis. 
Jumlah energi tambahan tergantung kepada aktivitas keria, sedangkan Jumlah energi rata-rata untuk orang Indonesia adalah 2000 kalori perhari. Bila makanan yang anda makan pas-pasan berarti bila anda memerlukan penurunan berat badan diperlukan olah raga. Olah raga terbaik adalah jalan kaki dan dapat ditakar 1 jam jalan kaki membutuhkan kurang dari 250 kalori. Jumlah kalori yang dikeluarkan ini didapatkan dari berat badan sehingga dengan sendirinya berat badan anda akan mengurang. 

Di sinilah intinya bila memang dokter menganjurkan kepada anda untuk mengurangi berat badan.
1 gram lemak yang dibakar di dalam tubuh menghasilkan 8 kalori, berarti berat badan anda akan menurun 31,25 gram. Akan tetapi, bila anda berialan I jam pada pagi hari dan 1 jam pada sore hari, maka berat badan anda akan turun 62,5 gram sehari. 
Akan tetapi sebagai orang Timur tentulah anda tidak akan menolak bila anda bertamu disuguhkan pisang goreng misalnya, kebetulan anda makan sebuah, dan di rumah orang  lain disuguhkan pula sepotong roti, maka bila rasa ketimuran anda tinggi, berat badan anda bukan makin susut, akan tetapi semakin meningkat.
Dari contoh jajan itu jelaslah sudah yang merusakkan berat badan pada kencing manis bukanlah makanan yang ditimbang di rumah, akan tetapi jajan baik ke rumah teman ataupun di toko makanan misalnya. Olah raga pada kencing manis bukan saja diarahkan kepada penurunan berat badan, akan tetapi juga memberikan daya latihan pada jantung, paru, ginjal dan aliran darah pada umumnya sehingga menyempitnya pembuluh darah dapat dicegah.

0 Response to "Kunci Sukses Dalam Pengobatan Diabetes (Kencing Manis), Apa Itu?"

Post a Comment