Petunjuk Diet Sukses Untuk Penderita Kencing Manis (Diabetes)

Berikut ini adalah petunjuk diet sukses bagi penderita diabetes, untuk menjaga agar kadar gula darah tidak terlalu rendah diadakan pula makanan selingan yakni pada pukul 10.00, pukul 14.00 (sore) dan pukul 22.00 (malam).
Atas dasar ini dapatlah disimpulkan bahwa perbedaan antara makanan penderita kencing manis dengan orang yang normal adalah:
  • Jumlah bahan makanan pada penderita kencing manis terbatas.
  • Pembagian makanan pagi, siang dan malam hampir sama.
  • Pada penderita kencing manis dianjurkan mendapat makanan selingan berupa buah buahan seperti pisang pada pukul 10.00, pukul 14.00 dan pada pukul 22.00.

Bahan makanan yang mengandung gula mutlak dilarang, sedangkan makanan yang mengandung hidrat arang tentulah dibatasi. Dan sebagaimana dinyatakan dianjurkan memakannya 60% dari jumlah kalori seluruhnya.
petunjuk diet diabetes

Bahan-bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah:
  1. Sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi, ketan, jagung, roti, ubi, kentang dan setiap makanan yang dibuat dari tepung.
  2. Gula murni, seperti gula pasir, gula jawa, gula-gula, buah dalam kaleng, madu, coklat, daging dalam kaleng dan sebagainya.
Di samping karbohidrat, maka bahan-bahan makanan yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah juga dibatasi oleh karena pada setiap penderita kencing manis kemungkinan mengecilnya pembuluh darah adalah lebih besar. Oleh karena itu segala bahan makanan yang dapat meninggikan kadar kolesterol harus dibatasi atau dihindari.
Adapun bahan-bahan makanan yang banyak mengandung kolesterol adalah: hati, limpa, otak, ginjal, jantung, daging, babi, ham, susu, danging kambing, dan domba, susu lengkap (whole milk), keju, mentega, minyak kelapa, kelapa, macam-macam minyak dan lemak hewan, kue-kue yang gurih, tarcis, dan sebagainya.
Untuk mencukupi kebutuhan lemak maka anda dapat memakan sumber-sumber lemak yang tidak jenuh seperti: minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan antara lain: minyak biji bunga matahari, minyak biji kapas, minyak jagung.

0 Response to "Petunjuk Diet Sukses Untuk Penderita Kencing Manis (Diabetes)"

Post a Comment