Tips Mengurangi dan Pemilihan Makanan Berlemak Pada Penderita Diabetes

Anda diabetes, tentu anda juga harus membatasi yang namanya lemak, makanan berlemak dan berminyak sangatlah enak, namun tidak ada salahnya anda harus membatasi demi kebaikan anda dan menghindari dari komplikasi yang lebih berat.
Semua makanan yang mengandung kolesterol seperti makanan sumber protein hewani harus dikurangi pemakaiannya dan diganti dengan makanan sumber protein nabati seperti tabu dan tempe daging hewan yang gemuk, khususnya dari hewan yang tidak banyak bergerak seperti ayam broiler, babi dan kambing sebaiknya digantikan dengan daging hewan yang bergerak aktif seperti daging ayam kampung, daging sapi yang kurus dan ikan.
akibat makanan berlemak terhadap penderita diabetes
Daging ayam sebaiknya dipilih dari hewan yang lebih banyak bergerak seperti daging daerah paha atau tungkai ketimbang dada (ayam tidak terbang sehingga jarang menggunakan otot-otot dadanya). Demikian pula, daging sapi lebih baik dipilih dari daerah tungkai seperti paha, sengkel dan gandik ketimbang daging iga. Daging pada daerah tungkai yang lebih banyak bergerak biasanya mengandung lemak lebih sedikit daripada daging bagian badan.
Makanan yang kaya akan kolesterol seperti jerohan, kerang, udang, cumi, merah telur, susu fullcream serta hasil olahannya, dan lemak hewan termasuk mentega (butter), gajih serta grabyas, harus dihindari karena
merupakan sumber kolesterol yang potensial. Untuk mengurangi konsumsi kolesterol, kita harus mengurangi kebiasaan makan yang bersifat karnivora.
Cara memasak juga turut menentukan besarnya konsumsi lemak. Memasak tanpa minyak atau dengan minyak yang sedikit seperti merebus, menanak atau mengukus, memepes, memanggang atau menumis harus dianjurkan untuk menggantikan kebiasaan menggoreng makanan dengan banyak minyak atau memasak dengan santan kental. Ingat, sekalipun kita memakai minyak jagung atau minyak kedelai, menggoreng dengan panas yang tinggi dapat mengubah sifat tak jenuh pada minyak tersebut menjadi jenuh karena terjadinya hidrogenasi.
Perubahan pola makan Asia yang beralih ke makanan ala Barat dan peningkatan permintaan akan daging Berta berbagai produk sapi-perah telah menaikkan dengan cepat jumlah konsumsi lemak kita sehingga sudah mendekati jumlah konsumsi di Amerika Serikat dan negara maju lainnya. Di samping itu, dengan alasan yang tidak diketahui, kita juga semakin doyan dengan makanan-makanan yang gurih; makanan yang gurih berarti makanan berlemak yang digoreng dengan banyak minyak, diaduk dengan minyak atau dimasak dengan sejumlah besar gajih, santan, mentega atau minyak. Dengan perubahan pola makan yang mencolok ini, tidak heran jika insidensi penyakit jantung di negara Asia sudah mencapai proporsi epidemik dan angka diabetes sudah berlipat-ganda dibandingkan waktu 10 tahun yang lalu. Dengan data tersebut makannya kita harus berhati-hati lagi.

0 Response to "Tips Mengurangi dan Pemilihan Makanan Berlemak Pada Penderita Diabetes "

Post a Comment