Hati-Hati Diet Diabetes Tanpa Makan / Membiarkan Lapar, Kenali Bahayanya!

Bahaya dari pasien DM yang membiarkan lapar atau diet tanpa makan akan berakibat buruk bagi kesehatannya, hipoglikemia yang parah justru akan merugikan pasien dengan kasus DM tipe I atau II. Jadi penderita gula darah harus tau bagaimana cara diet diabetes yang sehat.
Pasien yang sering melewati waktu makannya akan menghadapi risiko terjadinya kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia) apalagi bila pasien tersebut menderita, penyakit gula Tipe I dan tidak memperhatikan jadwal penyuntikan insulin serta kebutuhan kalorinya. Pada pasien diabetes Tipe II yang menggunakan obat-obat hipoglikemik tertentu, kadar gula darah yang rendah bisa pula terjadi kendati hal ini lebih jarang dijumpai ketimbang pada penyakit gula Tipe 1.
diet bahaya bagi penderita diabetes

Berbeda dengan pasien diabetes Tipe 11 yang gemuk, tindakan membuat lapar pasien Tipe I yang kurus dengan simpanan energi yang sedikit untuk mengendalikan diabetesnya lebih memberikan bahaya ketimbang manfaat. Jika jumlah insulin yang disuntikkan cukup banyak atau terlalu banyak tetapi jumlah makanan yang dimakan tidak cukup, kadar gula darah akan berbalik turun yang kadang-kadang sampai taraf suatu reaksi insulin atau "syok insulin" yaitu, suatu serangan hipoglikemia berat yang menyebabkan kejang dan penurunan kesadaran.
Puasa, khususnya pada saat menjelang tidur, jugs mengandung risiko hipoglikemia. Kemungkinan ini menjadi lebih besar lagi bila pasien meminum obat antidiabetes sebelum tidur. Serangan hipoglikemia yang terjadi pada saat pasien tidur umumnya tidak akan disadari sehingga pasien dapat mengalami koma hipoglikemia tanpa diketahui orang lain. Di samping itu, serangan hipoglikemia, khususnya jika terjadi di tengah malam, dapat menimbulkan keadaan rebound (pembalikan) menjadi kadar gula darah yang tinggi pada keesokan paginya (fenomena Somogyi). Karena itulah, pasien diabetes tetap dianjurkan agar makan teratur dan sinkron dengan waktu kerja obat antidiabetes atau suntikan insulin.
Dengan melihat artikel diatas anda yang menderita DM tentu tau bagaimana sebenarnya diet diabetes sangat penting untuk hidup dan mengontrol kadar darah dalam tubuh.

0 Response to "Hati-Hati Diet Diabetes Tanpa Makan / Membiarkan Lapar, Kenali Bahayanya!"

Post a Comment