Mengenal 4 Jenis / Macam Diabetes Mellitus Berdasarkan Penyebabnya

Menurut penyebabnya diabetes dibagi 4 macam berdasarkan american diabetes association maka keempat jenis kencing gula tersebut adalag :
1. Diabetes Tipe I.
Diabetes jenis ini lebih disebabkan karena kerusakan sel beta pada pankreas akibat reaksi antomium.Pada tipe ini hormon insulin sudah tidak bisa diproduksi dan kerusakan ini terjadi ketika masih anak-anak atau setelah dewasa. Penderita harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari sehingga dikenal dengan istilah biasanya adalah IDDM. Kondisi DM jenis ini adalah DM dengan jenis yang paling parah.

2. Diabetes Tipe 2
DIsebabkan oleh resistensi hormon insulin. karena reseptor insulin di permukaan sel berkurang, meskipun jumlah insulin tidak berkurang. Kondisi pada diabetes tipe ini lebih disebabkan karena obesitas, diet tinggi lemak, kurang olahraga dan faktor keturunan.

3. DM Tipe Spesifik
Disebabkan karena kelainan genetik spesifik, penyakit pankreas, gangguan endokrin lain. efek obat-obatan dll.

4. DM Kehamilan
Dm yang terjadi pada saat kehamilan.
Jadi menurut ADA yang merupakan asosiasi DM di amerika 4 penyebab dari diabetes dibagi menjadi 4 golongan di atas. Jadi sekarang anda sudah tau bukan mengenai tipe dan jenis dari diabetes melitus atau kencing gula itu sendiri.

0 Response to "Mengenal 4 Jenis / Macam Diabetes Mellitus Berdasarkan Penyebabnya"

Post a Comment