Bagaimana Sih Sejarah Penemuan Penyakit Diabetes Mellitus / Gula Darah?

Sejarah diabetes melitus atau penyakit gula darah untuk makalah artikel kesehatan yang membahas penyakit degeneratif diabetes.
Kita yang malas baca pastinya belum tau kan bagaimana sebenarnya dulu penyakit diabetes bisa diketahui dan asal usulnya dari mana yah kira-kira?. Nah disini kita akan mengupas sedikit sejarah tentang asal-usul ditemukannya sebuah penyakit yang banyak juga diidap oleh sebagian masyarakat indonesia.
sejarah penemuan diabetes melitus, kegemukan
salah satu faktor pemicunya
Sebenarnya sejarah diabetes melitus atau kencing manis, pada tahun 1552 sebelum masehi, di Mesir dikenal sebagai penyakit yang ditandai dengan sering kencing dan dalam jumlah yang banyak (yang disebut: Poliurial), dan penurunan berat badan yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. sejarah berikutnya mengatakan kemudian pada tahun 400 sebelum masehi, penulis India sushratha menamakan penyakit tersebut: penyakit kencing madu (honey urine disease).


Setelah ilmuwan india Aretaeus pada tahun 200 sebelum masehi, adalah orang yang pertama kali memberi nama: Diabetes, yang berarti "mengalir terus", dan Mellitus berarti "manis". Disebut Diabetes, karena selalu minum, dalam jumlah banyak (Polidipsia), yang kemudian "mengalir" terus berupa air seni ( urine); disebut Mellitus karena air seni penderita ini mengandung gula ( manis).
Pada dasarnya, Diabetes Mellitus (DM) atau penyakit kencing manis disebabkan hormon insulin penderita tidak mencukupi, atau tidak dapat bekerja normal, sedangkan hormon insulin tersebut mempunyai peranan utama, untuk mengatur kadar glukosa (gula) di dalam darah sekitar 60¬120 mg/dl waktu puasa dan di bawah 200 mg/dl pada dua jam sesudah makan.

Setelah itu sejarah kembali berlanjut. Sejak ditemukan hormon insulin pada tahun 1921 oleh Banting dan Best di Kanada, maka angka kematian dan keguguran untuk ibu-ibu hamil yang terkena diabetes semakin berkurang. Akhirnya, pada tahun 1954 Franke dan Fuchs mencoba tablet OAD (Obat Anti Diabetes) pada manusia, yang akhirnya temuan OAD ini berkembang pesat dengan berbagai jenis dan indikasi penggunaannya. Begitulah sebenarnya sebuah sejarah dari penyakit diabetes melitus. Di indonesia kesadaran masyarakat yang kurang membuat penyakit ini semakin tahun semakin meningkat. Penyakit ini termasuk penyakit menakutkan yang jika orang tersebut terkena gula darah hampir sulit untuk kembali normal jika tidak mau dan mampu mengatur pola makan dan diet yang benar. Jadi penyakit DM ini sebenarnya sudah sangat dikenal sejak dahulu. Nah artikel tentang sejarah diabetes melitus ditemukan di dunia ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Bagaimana Sih Sejarah Penemuan Penyakit Diabetes Mellitus / Gula Darah?"

Post a Comment