Tips Memilih PPK I Puskesmas Atau Dokter Keluarga, Pilih Mana Ya ?

Kira kira kalau disuruh milih mana yang bagi anda cocok, Tips memilih PPK 1 antara Puskesmas atau Dokter Keluarga, Baik dari pelayanan Umum, Maupun lainnya seperti Dokter Gigi dan Laboratorium.
Anda peserta baru BPJS dan tidak tau menahu mengenai peraturan BPJS yang mungkin masih baru, kalau di beberapa kota yang masih menggratiskan warganya tidak terlalu ambil pusing dengan berobat. Namun nanti ketika semua sudah diwajibkan untuk memilih kartu asuransi yaitu BPJS kesehatan. Maka yang ada nanti anda akan disuruh membayar jika anda tidak memiliki kartu BPJS. Rencananya akan berlaku tahun 2019, masih lama kan, :D. Semoga kita terus sehat. Amin.

tips memilih ppk 1 puskesmas atau dokter keluarga
Kembali soal PPK tingkat 1 biasanya kita disuruh milih antara dokter keluarga atau Puskesmas, untuk menentukan pilihan ini sebenarnya gampang gampang sulit, anda bisa pilih lalu pergi jika anda merasa tidak puas karena anda bisa beganti PPK tiap 3 Bulan. Namun biar anda ga seperti kutu loncat (serius amat yah..) :D. Anda harus memperhatikan beberapa pertimbangan di bawah ini. Memang ada kelebihan dan ada kekurangan pastinya anda harus mencari informasi dari peserta di PPK 1 baik Puskesmas maupun dokter keluarga yang akan anda pilih.

Beberapa hal yang harus anda ketahui jika pilih dokter keluarga sebagai PPK 1 :
  • Biasanya ada yang buka sampai sore bahkan 24 Jam jadi jam berobat lebih lama, namun ada juga yang sudah menentukan yang cari rujukan untuk pasien BPJS hanya dilayani sampai jam tertentu, sebaiknya anda tanyakan dulu
  • Sebagian ada yang hari libur masih buka.
  • Pastikan  Klinik dokter keluarga yang anda pilih juga memiliki apotek sehingga obat nya anda tidak harus jauh jauh ambil ke apotek lain yang ditunjuk.
  • Antrenya biasanya lebih sedikit, terutama klinik yang masih baru. walaupun tidak menutup kemungkinan ada yang ramai.
  • Umumnya jika anda memilih dokter keluarga sebagai PPK 1 maka dokter gigi BPJS yang ditunjuk akan berbeda tempat jadi anda harus tau infonya dulu, siapa Dokter gigi BPJS saya. Agar anda tidak habis waktu di jalan

Beberapa hal yang harus anda ketahui jika pilih Puskesmas sebagai PPK 1 :
  • Karena milik negara maka jam pelayanan dibatasi sesuai jam kerja biasanya pukul 7.30 s.d 11 / 12.00
  • Pelayanan sudah lengkap mulai periksa umum, lab, Gigi, Apotek jadi 1  dan juga jangkauan lebih luas karena ada Puskesmas Pembantu.
  • Antre pasien biasanya lebih banyak karena bercampur dengan pasien non BPJS
  • Pelayanan Puskesmas sekarang juga lebih baik karena mereka juga harus mampu bersaing dengan klinik dokter keluarga sebagai PPK1.

Nah beberapa hal diatas wajib anda tau, jika ada hal lain anda bisa menambahkan di komentar, mengenai kelebihan dan kekurangan memilih PPK tingkat 1.




0 Response to " Tips Memilih PPK I Puskesmas Atau Dokter Keluarga, Pilih Mana Ya ?"

Post a Comment