Apa Hubungan Antara Kurang tidur dengan Diabetes ?

Kenapa banyak yang bilang ada hubungan antara kurang tidur dan istirahat dengan diabetes tipe 2 atau gula darah tinggi, menurut banyak penelitian yang sudah dilakukan memang terbukti ada efek akan hal ini. Sebenarnnya akibat yangs ering terjadi dari kurang tidur adalah obesitas dan juga akhirnya terjadi diabetes tipe 2.

Sebenarnya yang bisa berubah saat tidur kita kurang adalah hormon yang mengatur nafsu makan dan juga bisa merubah persepsi otak untuk lebih suka mengkonsumsi makan berkalori tinggi. Jika dibiarkan lama-lama tentu akan berakibat buruk. Padahal ketika kita tidak tidur maka kelelahan yang sangat dan konsentrasi akna jauh berkurang.

hubungan kurang tidur dengan diabetes tipe 2
Hal selanjutnya yang terganggu adalah sensitifitas insulin, padahal insulin ini adalah hormon yang berperan dalam pemecahan glukosa dalam tubuh sehingga dapat diubah menjadi energi. Saat hormon ini terganggu maka yang terjadi adalah penumpukan gula dan juga kolesterol di dalam pembuluh darah kita. Saya kira mulai saat ini sudah saatnya anda melindungi tubuh anda dari bahaya yang mengancam. Resiko diabetes bisa saja terjadi pada semua orang.

Indonesia yang saat ini hampir banyak sekali berprofesi sebagai buruh, yang kena kerja shift juga perlu mengatur waktu tidurnya dengan baik. Ketika jaga malam sudah sebaiknya dia mengambil waktu sitirahat di pagi hingga siang sebagai gantinya. jangan sampai kita kerja keras dan akhirnya keluarga dekat kita yang repot dan harus menanggung penyakit akibat hal tersebut.

Ada baiknya dalam keseharian anda imbangi dengan olahraga, jika tidak mampu bisa dengan jalan kaki, di pagi hari atau sore hari. Ini akan membantu mengatur dan membuang kalori berlebih di tubuh anda sehingga menjadi lebih sehat dan mencegah diabetes sejak dini.

0 Response to "Apa Hubungan Antara Kurang tidur dengan Diabetes ?"

Post a Comment