Artikel Diabetes Tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM)

Artikel mengenai pengertian dan ciri-ciri jenis Diabetes Tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM)

Pada diabetes tipe ini tubuh sama sekali tidak memproduksi insulin. Pada diabetes tipe ini sel-sel penghasil insulin pada pankreas mengalami kerusakan. Diabetes ini biasanya diderita sejak kecil. Kerusakan pada sel-sel tersebut biasanya disebabkan oleh serangan virus. Virus tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel-sel penghasil insulin dan menyebabkan penyakit diabetes. Diabetes juga mudah terjangkit jika orang tersebut memiliki faktor mudah terkena virus. Hal ini bukan berarti orang tersebut langsung menderita diabetes sejak lahir tetapi orang tersebut cenderung lebih mudah terserang virus penyebab diabetes dibanding orang lain. Virus tersebut menyebabkan peradangan pada kelenjar pankreas sehingga insulin tidak dapat keluar.

Menurut penyelidikan,anak-anak yang menderita influensa (batuk atau pilek) Berta pada scat daya tahan tubuhnya menurun lebih mudah terserang penyakit ini. Beberapa virus penyebab gondongan dan penyakit kulit tertentu (koksoki) mempunyai potensi merusak pankreas sehingga dapat menyebabkan timbulnya diabetes. Pankreas juga dapat rusak karena minum-minuman yang mengandung alkohol. Oleh karena itu, peminum alkohol lebih berpotensi menderita diabetes.
Pada diabetes tipe ini, orang yang bersangkutan tidak mengalami kerusakan pada sel-sel penghasil insulin yang terdapat dalam pankreasnya. Apabila diteliti orang tersebut menghasilkan insulin, namun insulin tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Diabetes tipe 2 ini biasanya merupakan penyakit keturunan. Biasanya apabila terdapat anggota keluarga yang menderita diabetes tipe 2 ini, kemungkinan ada anggota keluarga lain yang juga akan menderita diabetes. Apabila tubuh tidak mengeluarkan insulin sama sekali, tubuh juga tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah. Meskipun orang yang bersangkutan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak gula, orang tersebut sama sekali tidak memperoleh tenaga. Bahkan orang tersebut dapat terserang penyakit-penyakit lain karena dalam darahnya mengandung banyak gula yang dapat mengakibatkan kerusakan bagian-bagian tubuh yang lain misalnya ginjal. Kondisi ini disebut komplikasi. Penderita diabetes tipe ini selalu membutuhkan insulin semasa hidupnya. Oleh karena itu diabetes tipe ini dikenal dengan diabetes yang tergantung pada insulin atau Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM)

0 Response to "Artikel Diabetes Tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM)"

Post a Comment