Bagaimana Cara Menjaga Kebugaran Pada Usia Tua?


Tips menjaga kebugaran pada usia lansia. Berikut ini terdapat beberapa upaya pencegahan agar tetap bugar saat lansia.
1. Lansia diharuskan untuk tetap aktif, baik dari segi jasmani, rohani, maupun sosial. Caranya, para lansia harus memperhatikan ritme kegiatan harian secara normal. Terlalu banyak istirahat sangat buruk bagi para lansia. Dalam bahasa Belanda lial itu disebut dengan Rust Roest, artinya terlalu banyak istirahat akan membuat kita 'berkarat'.
2. Aktivitas jasmani tidak boleh dilakukan dengan perasaan tertekan atau penuh beban, tetapi harus gembira. Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan dan menjaga aktivitas dalam batas kemampuan. Lakukan berjalan kaki, berenang, serta permainan olahraga lain secara teratur. Olahraga golf dapat dilakukan dengan syarat tidak berlebihan sehingga tidak membuat cidera salah satu persendian dan tidak memperberat keadaan osteoartritis.
3 Menghindari berat badan berlebihan. Meskipun berat badan berlebihan pada lansia tidak langsung mempunyai pengaruh terhadap kematian, berat badan berlebihan akan sangat mengganggu fungsi dari sendi tubuh lansia.
4. Mencegah terjadinya Pencegahan osteoporosis harus dilakukan lebih dini, terutama dengan minum susu dan makanan kalsium tinggi.

Nah sudah jelas bukan apa saja tips mejaga kebugaran bagi orang yang sudah berumur, lansia juga harus tau bagaimana cara hidup sehat, tunjukkanlah pada mereka bahwa hidup mereka masih sangat bermanfaat untuk kita, sehingga akan menghindari rasa disampingkan yang akhirnya akan membuat stress.

0 Response to "Bagaimana Cara Menjaga Kebugaran Pada Usia Tua?"

Post a Comment