Mari Mengenal Jenis dan Akibat yang Ditimbulkan Zat Aditif dalam Makanan

Macam-macam zat aditif dalam makanan yang berbahaya bagi keluarga ada beberapa golongan, sebagai contoh mudah mulai dari pemanis makanan sampai dengan pengawet makanan sangat sering kita temui setiap harinya. Berbeda dengan orang yang hidup jaman dahulu, mereka banyak menggunakan pewarna alami seperti dari daun jati, pandan, dll. Namun saat ini demi mengejar praktis banyak orang menggunakan zat sintetis aditif yang terbukti sangat berbahaya bagi tubuh kita.
macam-macam zat aditif makanan dan akibatnya

Jika kita kelompokkan maka macam-macam zat aditif dan akibat yang ditimbulkannya adalah :
1. Penyedap rasa
Akibat dari penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dalam jangka waktu lama adalah masalah pada hati, otak, alergi, hipertensi, migren. jenis penyedap rasa disebut juga dengan MSG
2. Pewarna sintetis.
Akibat dari penggunaan pewarna sintetis bagi keluarga kita adalah memicu timbulnya alergi dan kanker hati. bahaya kan
3. Pemanis sintetis
Jenis ini seperti aspartan, sakarin yang terdapat dalam minuman berbendergi sangatlah berbahaya bagi anda jika dikonsumsi berlebihan. Akibatnya adalah tumor otak, gangguan syaraf, masalah pada kandung kemih.
4. Pengawet sintetis.
Hati-hati bagi anda pengidap asma, jenis pengawet ini bisa membahayakan anda. selain itu juga bisa menyebabkan resiko kanker, alergi dan migren. contoh dari jenis pengawet sintetis adalah kalsium benzoat, dll.
Nah berikut adalah macam-macam zat aditif yang merusak tubuh manusia. Pergunakan seperlunya dan jangan terlalu berlebihan, karena jika terlalu banyak tubuh juga tidak akan mentolerir. 

0 Response to "Mari Mengenal Jenis dan Akibat yang Ditimbulkan Zat Aditif dalam Makanan"

Post a Comment