Apa Saja Yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat Haji Atau Umrah Untuk Penderita Diabetes (DM)

Pasien dengan gula darah memang tidak berarti tidak boleh untuk menunaikan ibadah haji, namun tentu dibolehkan disini dengan syarat tertentu agar mereka tetap berhati0hati dan bisa menjaga diri mereka masing-masing. Karena disana mereka akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara yang kita tidak tau riwayat penyakit dan penularan penyakit yang bisa saja terjadi jika kita tidak menjaga daya tahan tubuh kita.

Hal ini berlaku juga bagi para penderita DM, sebenarnya sudah ada pembekalan haji di sebelum jemaah berangkat namun saya rasa perlu diingat lagi persiapan pasien DM berikut ini :
  1. Sebaiknya simpan no penting seperti kepala kloter dan pendamping anda jika sewaktu-waktu anda mengalami masalah darurat disana
  2. Mintalah gelang tanda bahwa anda memiliki riwayat DM sehingga tindakan medis akan lebih cepat dilakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan
  3. Tetap jaga kondisi kaki anda dari luka karena disana anda akan berjalan jauh karena jika luka maka proses penyembuhan juga bisa akan lama dan jaga agar tidak infeksi.
  4. Jika anda harus menggunakan suntikan insulin maka sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter pendamping karena insulin mudah rusak di hawa panas.
  5. Jaga kondisi gula darah anda bisa dengan cek GDS yang bisa anda lakukan sendiri. sehingga tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu drop.

Nah berikut adalah tips sebelum anda berangkat ke tanah suci, semoga tips jemaah haji diabetes ini bermanfaat

0 Response to "Apa Saja Yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat Haji Atau Umrah Untuk Penderita Diabetes (DM)"

Post a Comment