Makan Kurma Bagi Penderita Diabetes, Bahaya Atau Amankah?

Bulan puasa seperti saat ini adalah saat yang tepat untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW, termasuk dengan makan kurma saat berbuka puasa. Bagi orang normal tentu makan kurma 3 s.d 5 biji masih aman untuk dikonsumsi. Lantaran memang fungsi tubuhnya masih bagus untuk memproses glukosa dalam tubuh. Berbeda dengan penderita diabetes yang memang harus berhati-hati dalam memilih makanan. Kebanyakan dari dokter memang membolehkan penderita diabetes untuk makan kurma, dengan catatan tidak banyak. batas normal adalah hanya 3 biji perhari. Namun bukan hanya itu ada catatan lain yang harus diperhatikan.

Kurma yang disajikan bagi penderita diabetes juga merupakan kurma yang masih segar, karena kurma jenis ini memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu 45 per 3 biji. Jadi masih aman untuk dikonsumsi selama tidak berlebihan. Kurma jenis ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, anda tetap bisa mendapatkannya di pasaran di indonesia.

Nah yang harus diperhatikan adalah penderita harus menhindari kurma yang sudah diawetkan atau sudah menjadi manisan karena otomatis indeks glikemiknya akan menjadi tinggi. Jadi sebaiknya anda mengganti dengan makanan yang lain saja. Nah sekarang sudah tau kan anda tentang bagaimana cara menjaga diri  terutama bagi penderita diabetes. Sunnah rasulullah mengenai makan kurma di bulan ramadhan tentu juga tetap memiliki manfaat terutama juga bagi penderita diabetes. Asalkan penderita diabetes tidak asal dan tetap memahami kaidah diet sehat bagi penderita diabetes.

0 Response to "Makan Kurma Bagi Penderita Diabetes, Bahaya Atau Amankah?"

Post a Comment