Amankah Sirup Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?

Minum sirup di saat buka puasa sebenarnya menjadi idaman para ibu-ibu, alasannya adalah penyajian yang cukup mudah. Karena kadang mereka tidak sempat membuat kolak atau minuman pembuka. Namun sebaiknya memang kita mengikuti jalan Rasulullah SAW yaitu mengawali berbuka dengan buah kurma. Jika kita muslim maka inilah yang paling baik dan dianjurkan ketimbang kita meminum sirup. Namun juga tidak dilarang  untuk minum sirup. Jika kita ditanya amankah kita minum sirup saat buka puasa maka jawabnya adalah aman selama anda memperhatikan hal penting di bawah ini :
  1. Sebelum membeli sirup maka sebaiknya anda memilih sirup dari merk ternama dan sudah terdaftar di badan POM, karena saat ini tidak sedikit yang menggunakan bahan berbahaya misalnya formalin dll untuk bahan sirupnya. 
  2. Selanjutnya anda juga wajib melihat label komposisi dari botol sirup, pewarna apa yang digunakan, jika menggunakan pewarna buatan seperti rhodamin B maka urngkanlah untuk membelinya.
  3. Segel pada tutup botol juga menjadi sangat penting karena ini menunjukkan bahwa kualitas sirup masih terjaga
  4. Selalu periksalah tanggal kadaluarsa, pilih yang masih jauh dari daat anda membeli
  5. Kekentalan sirup saat diminum harus pas, misalkan perbandingannya adalah 1 : 4, jadi 1 sirup harus diencerkan menjadi 4 kali bagian air. 

Jika anda sudah memperhatikan bebearpa hal diatas, anda bisa dengan aman mengkonsumsi sirup hadiah atau sirup saat berbuka puasa. Namun jangan lupa teteap gunakan kurma untuk pembuka puasa karena dengan mengikuti cara Rasulullah SAW itu menunjukkan kecintaan kita pada Rasul kita.

0 Response to "Amankah Sirup Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?"

Post a Comment