Pengertian Terapi Insulin Pada Penderita Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Sudah taukah anda pengertian dari terapi insulin dalam dunia DM atau diabetes mellitus, biasanya memang dibedakan antara perlakuan terapi insulin bagi DM tipe 1 dan DM tipe 2. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kenapa orang harus merasakan yang namanaya suntik insulin, tentu ada sebab yang mendesak, iya karena memang suntikan ini mutlak diberikan oleh penderita DM tipe 1 yang sel beta pankreasnya telah rusak sehingga tidak mampu lagi memproduksi insulin. Aebenarnya apa manfaat dari insulin, insulin ini begitu penting untuk penyerapan glukosa dari darah ke dalam sel. 
Mari kita mulai dari Dm yang tipe 1 dulu, dosis yang diberikan pada suntikan insulin jenis ini adalah sekitar 0,6 s.d 0,9 UI/kg/ hari. Penderita diabetes tipe 1 memang sangat tidak anjurkan untuk meminum antidiabetika oral.

pengertian suntikan insulin dan dosisnya bagi Dm tipe 1 dan 2
Sedangkan untuk diabetes tipe 2, suntikan insulin sering kali diperlukan bila antidiabetika oral sudah tidak ada pengaruhnya lagi bagi kadar gula darah penderita. Bisa juga disebabkan karena obat minum yang diberikan tidak memberikan efek dan sudah menunjukkan resistensi karen mungkin sudah terlalu sering minum obat oral. Saat ini yang banyak digunakan dalam suntikan insulin pada DM tipe 2 adalah kombinasi antara sulfonilurea dengan insulin (satu injeksi sehari) semakin banyak dimanfaatkan dalam usaha penyembuhan bagi penderita dm tipe 2 ini.
Nah sekarang anda sudah  jelas bukan apa sebenarnya manfaat, penyebab, dan perbedaan suntikan insulin bagi penderita DM tipe 1 dan 2. Semoga bermanfaat bagi kita semua, tetap jaga hidup sehat dengan makan sehat dan olahraga teratur.

0 Response to "Pengertian Terapi Insulin Pada Penderita Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2"

Post a Comment