Mengenal Jenis-Jenis Obat Diabetes Di Pasaran (Apotek) dan Efek Sampingnya.

5 Golongan dan jenis obat diabetes tipe 2 yang banyak dijual di apotek, apa saja efek samping dan cara kerjanya. (obat diabetes tipe sulfonilurea, biguanida, alfa glukosidase, Thiazolidindion dan Miglitinida)
Sebelum anda membeli obat di pasaran, yang saat ini memang obat diabetes dijual bagaikan kacang goreng tanpa resep, sehingga kadang kita tidak sadar saat kita rutin meminum obat tersebut anda harus tau apa saja manfaat dan efek sampingnya. Memang yang terbaik adalah anda selalu mengkonsultasikan dengan dokter dan sangat disarankan untuk mencoba-coba obat sendiri karena akibatnya juga bisa akan fatal.
5 Jenis obat diabetes tipe 2 yang ada di apotek atau pasaran biasanya adalah :
1. Tipe Sulfonilurea
Obat tipe ini memiliki efek samping berupa hipoglikemia, dan juga peningkatan berat badan, sedangkan untuk mekanismenya adalah menstimulasi dari sel beta dar pulau langerhans sehingga produk sekresi insulin akan meningkat.

2. Tipe Biguanida
Tipe ini memiliki efek samping berupa gangguan sistem pencernaan. Dan fungsi dari obat ini adalah menjadikan fungsi insulin lebih baik. Obat jenis ini biasanya di fasilitas kesehatan ada, seperti puskesmas dan rumah sakit dan diberikan gratis. Dalam merk metformin.

3. Inhibitor Alfa Glukosidase
Efek sampingnya hampir sama dengan tipe biguanida namun fungsinya adalah untuk menurunkan kecepatan dari dekomposisi karbohidrat. Senyawa aktif yang digunakan adalah Akarbose dan miglitol.

4. Thiazolidindion
Efek samping adalah sangat toksik terhadap hati, terjadi peningkatan berat badan dan juga LDL kolesterol bisa menjadi tinggi. Cara kerja dari obat ini adalah menurunkan kadar glukosa dan insulin dengan jalan meningkatkan kepekaan bagi insulin dari otot dan jaringan lemak dan hati.

5. Miglitinida
Efek samping yang ditimbulkan dari golongan ini adalah hipoglikemia dan juga peningkatan berat badan. Cara kerjanya adalah mencetuskan insulin untuk segera mkeluar dari pankreas setelah makan. 

apa saja efek samping obat diabetes tipe 2
Nah jika anda ke dokter anda bisa menanyakan kira-kira jenis golongan apa obat yang akan diberikan. Pada umumnya memang golongan biguanida jika anda sering kontrol dan berobat di puskesmas. Nah sedikit info untuk menambah ilmu anda agar lebih hati-hati lagi terhadap obat yang setiap hari anda minum. Karena tentu anda tetap membutuhkan dokter untuk menentukan dosis dan takaran yang tepat. Agar tidak berbahaya bagi tubuh anda sendiri.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Obat Diabetes Di Pasaran (Apotek) dan Efek Sampingnya."

Post a Comment