Download Pdf Buku Pedoman Manajemen Puskesmas Terbaru Permenkes 44 Tahun 2016

Ternyata awal bulan september 2016 merupakan awal baru bagi Puskesmas di Indonesia. Kenapa tidak karena pada bulan ini muncul pedoman baru yang mungkin akan sedikit merubah tatanan manajemen di tingkat puskesmas. Jika pada buku yang lama kita masih menggunakan buku pedoman mini lokakarya puskesmas kalau tidak salah yang tahun 2014, maka pada bulan september 2016 disempurnakan dengan Permenkes No 44 2016 yang isinya adalah penyempurnaan terhadap manajemen puskesmas. Kenapa disempurnakan, yah tentu karena aturan pedoman manajemen harus menyesuaikan dengan permenkes no 75 tentang Puskesmas yang sudah keluar terlebih dahulu pada tahun yang lalu. 


Sebenarnya ada beberapa perbedaan dari segi format RUK, RPK, namun hanya sedikit sedangkan intinya tetap sama, sedikit saja ada perubahan, Bisa anda lihat di lampiran di halaman terakhir dari permenkes no 44 tersebut. Di petunjuk mengenai kapan perencanaan, penyususnan RUK tahun setelahnya juga lebih dijelaskan dan digambarkan dengan rinci. Mungkin ini menjadi buku yang sangat berharga terutama kalau di puskesmas adalah buat tim admen. Karena ini menyangkut bagaimana juklak juknis ketika kita akan melaksanakan minlok bulanan rutan, minlok dengan linsek, Disitu sudah dijelaskan semua bagaimana susunan acaranya dan apa saja yang harus kita laksanakan dalam pertemuan itu.

Wah tentunya kalau kita bisa memahami isi dari permenkes baru tentang manajemen puskesmas ini maka kinerja puskesmas akan lebih baik, karena perencanaan tahun ke depan lebih tertata rapi dan pelaksanaan manajemen juga sudah diatur dengan sangat jelas, kapan kegiatan tersebut dilaksanakan dan kapan di evaluasi. 

Kalau belum punya anda bisa langsung unduh saja di halaman akhir postingan ini.. memang saya sedikana dalam format pdf agar bisa langsung diunduh dengan mudah, jangan lupa di print karena ini adalah pedoman wajib. Dan bagi puskesmas yang belum melaksanakan akreditasi, tim admen harus menyiapkan diri untuk melaksanakan amanah apa yang ada dalam isi buku ini, karena masa berlaku permenkes ini adalah per tanggal 28 September 2016. Jadi mau tidak mau sesuaikan saja agar kerja anda bisa lebih aman. 

2 Responses to "Download Pdf Buku Pedoman Manajemen Puskesmas Terbaru Permenkes 44 Tahun 2016"