Kalau Sudah Demam Berdarah Itu Salah Siapa?

Seperti pada musim penghujan sebelumnya kejadian demam berdarah di beberapa tempat masih saja terjadi, Jika ditilik secara detail sebenarnya salah siapa kok bisa terjadi demam berdarah, jawabannya adalah salah virusnya, kalau nyamuk yang gigit sebenarnya tidak masalah andai saja mereka tidak memiliki virus DB yang menular melalui gigitan. Jadi nyamuk hanya sebagai pembawa saja. Sedangkan kesalahan kedua adalah salah kita semua, mulai dari petugas kesling, warga sendiri  dan semua pihak terkait juga patut disalahkan. Kenapa setiap ada korban DB baru bingung kesana kemari minta bantuan, minta foging dll.
Semua itu sudah terlambat bapak ibuk semua, ketika kejadian DB sudah menyebar ini akan menjadi semakin sulit untuk dicegah, langkah foging memang bisa dilakukan namun sebenarnya tidaklah begitu efektif. Karena yang mati hanya nyamuknya, jentiknya masih hidup dan akan kembali menyerang anda seminggu kemudian, maka dari itu biasanya fogging dilaksanakan 2 kali saat kejadian dan seminggu kemudian.
tempat sarang nyamuk db yang tidak kita ketahui

Salah pemerintah juga kenapa setiap ada kejadian DB selalu dilayani untuk fogging, seolah masyarakt dimanjakan dan membuat mindset mereka berubah bahwa fogging itu bisa menyelesaikan masalah Demam berdarah, ini yang berbahaya, ketika seperti ini orang akan malas melakukan pencegahan di lingkungan sekitar, mengecek jentik di bak mandi, kaleng yang tergenang, air bersih tandon dll. Maka dari itu sudah saatnya kita merubah mindset bahwa DB sudah harus disiapkan sejak awal. Misalkan musim hujan sudah tiba maka saat itulah waktu yag tepat mulai dari petugas kesehatan, petugas kelurahan, warga, tokoh masyarakat mengajak semua pihak melakukan PSN, setidaknya seminggu sekali, dilakukan di area rumah masing masing, 

Beberapa tempat yang biasanya luput dari pemeriksaan namun menjadi sarang nyamuk adalah :
  1. Bak tampungan Tempat wudhu mushola atau masjid.
  2. Tandon air tidak tertutup
  3. Kaleng dan plastik di kebun 
  4. sediaan air minum ternak (bagi yang memelihara ternak)
  5. saluran pembuangan dapur / kamar mandi yang tergenang namun airnya bersih.
Dari cerita diatas bisa disimpulkan bahwa mari kita galakkan PSN secara masal terutama menyambut musim hujan, dan jadikan ini sebagai momen atau kebiasaan yang harus kita lakukan di setiap tahunnya. Jangan menunggu foging karena itu bukan penyelesaian masalah yang tepat. Langkah pencegahan jauh lebih penting.

0 Response to "Kalau Sudah Demam Berdarah Itu Salah Siapa?"

Post a Comment