Mari Mengenal Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah (DM)

Rabu, 24 April 2013

Ternyata Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih Bisa Merangsang Produksi Insulin yang bisa membantu terhadap penurunan kadar gula darah.
Efek dari dua tanaman bawang putih dan bawang merah terhadap insulin, dari beberapa penenlitian yang sudah dilakukan ternyata kedua tanaman ini memang bisa merangsang insulin dan membantu penyembuhan untuk penderita diabetes. Penelitian sebelumnya sudah dilakukan pada hewan percobaan. dan dibuktikan bahwa setelah perlakuan tersebut ternyata gula darah bisa turun. 
manfaat dan kegunaan bawang merah dan putih terhadap penurunan kadar gula darah (DM)
Komponen aktif yang bisa berperan pada penurunan kadar gula darah adalah senyawa yang emngandung sulfur, yaitu alil propil disulfida (APDS). Yang terdapata pada bawang merah, sedangkan pada bawang putih adalah kandungn dialil disulfida (alisin). 

Studi terbaru juga membuktikan bahwa kandungan antioksidan pada bawang merah juga sangat membantu penderita dalam hal pencegahan dan pengobatan arterisklerosis. Sedangkan bawang putih juga bisa memiliki efek menguntungkan pada sistem kardiovaskuler. Minyaknya sendiri juga bisa mencegah dan menunda komplikasi diabetes.

Aits. Namun jangan salah anda harus konsumsi sesuai dosis. Untuk penggunaan bawang merah dalam bentuk kapsul dosisnya adalah 400 mg per harinya. Dan untuk penggunaan bawang putih adalah 4 g bawang putih segar atau 8 mg minyak atsiri. Nah sedikit info mengenai manfaat dari bawang merah dan bawang putih terhadap penurunan kadar gula darah.

Pengertian Suplemen Mineral / Nutrien Untuk Pengobatan Diabetes Tipe 2

Senin, 22 April 2013

Mari kita mengenal jenisdan macam nutrien yang dibutuhkan untuk pengobatan penderita DM tipe 2. Apa saja jenisnya dan bagaimana cara kerja dan manfaat nutrien tesebut.
Dalam memberikan pengobatan DM seorang dokter tentu akan membutuhkan suplemen nutrisi karena pada umumnya penderita DM sendiri sangat membutuhkan banyak nutrien. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemberian nutrisi tambahan pada penderita terbukti membantu meningkatkan kontrol gula darah dan juga bisa menghindarkan diri dari kejadian komplikasi.

nutrien , mineral dan vitamin bagi pengobatan diabetes tipe 2

Nah sekarang kami akan memberikan beberapa pengetahuan mengenai mineral dan vitamin yang penting dan sangat diperlukan untuk mengendalikan kadar gula darah oleh penderita, mari kita lihat satu persatu :

  • Nutrien Kromium : Memiliki fungsi meningkatkan kepekaan insulin dan toleransi glukosa
  • Magnesium : Memperbaiki kekurangan magnesium
  • Seng : Memperbaiki kekurangan seng yang menjadi penyebab resistensi insulin
  • Kalsium : meningkatkan kepekaan insulin
  • Kalium : Jika kurang maka akan beresiko terhadap resistensi.
  • Vanadil Sulfat. : Meningkatkan kepekaan insulin
  • L-Carnitin : Meningkatkan kepekaan insulin
  • Taurin : Meningkatkan kepekaan insulin
  • L-Arginin :  Meningkatkan kepekaan insulin
  • Vitamin E : dapat mengurangi glikosilasi.
  • Vitamin C : dapat mengurangi glikosilasi
  • Vitamin B6 : Meningkatkan metabolisme glukosa dna syaraf
  • Biotin : Meningkatkan metabolisme glukosa dna syaraf
  • Glutation :dapat mengurangi glikosilasi
  • Omega 3 :Meningkatkan kepekaan insulin
  • Coenzim Q10 :Meningkatkan kepekaan insulin
  • Asam Lipoat :Meningkatkan kepekaan insulin
Sudah jelas bukan beberapa mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi pengobatan penderita diabetes, ada banyak dan anda bosa konsumsi dari sumber yang aman. Nutrien biasanya akan diberikan dalam bentuk tablet yang memang sudah ditakar. Namun sebaiknya anda tetap mengkonsulitasikan dengan dokter anda sehingga kadar gula darah anda akan tetap termonitor dengan baik.

Mengenal Jenis-Jenis Obat Diabetes Di Pasaran (Apotek) dan Efek Sampingnya.

Minggu, 21 April 2013

5 Golongan dan jenis obat diabetes tipe 2 yang banyak dijual di apotek, apa saja efek samping dan cara kerjanya. (obat diabetes tipe sulfonilurea, biguanida, alfa glukosidase, Thiazolidindion dan Miglitinida)
Sebelum anda membeli obat di pasaran, yang saat ini memang obat diabetes dijual bagaikan kacang goreng tanpa resep, sehingga kadang kita tidak sadar saat kita rutin meminum obat tersebut anda harus tau apa saja manfaat dan efek sampingnya. Memang yang terbaik adalah anda selalu mengkonsultasikan dengan dokter dan sangat disarankan untuk mencoba-coba obat sendiri karena akibatnya juga bisa akan fatal.
5 Jenis obat diabetes tipe 2 yang ada di apotek atau pasaran biasanya adalah :
1. Tipe Sulfonilurea
Obat tipe ini memiliki efek samping berupa hipoglikemia, dan juga peningkatan berat badan, sedangkan untuk mekanismenya adalah menstimulasi dari sel beta dar pulau langerhans sehingga produk sekresi insulin akan meningkat.

2. Tipe Biguanida
Tipe ini memiliki efek samping berupa gangguan sistem pencernaan. Dan fungsi dari obat ini adalah menjadikan fungsi insulin lebih baik. Obat jenis ini biasanya di fasilitas kesehatan ada, seperti puskesmas dan rumah sakit dan diberikan gratis. Dalam merk metformin.

3. Inhibitor Alfa Glukosidase
Efek sampingnya hampir sama dengan tipe biguanida namun fungsinya adalah untuk menurunkan kecepatan dari dekomposisi karbohidrat. Senyawa aktif yang digunakan adalah Akarbose dan miglitol.

4. Thiazolidindion
Efek samping adalah sangat toksik terhadap hati, terjadi peningkatan berat badan dan juga LDL kolesterol bisa menjadi tinggi. Cara kerja dari obat ini adalah menurunkan kadar glukosa dan insulin dengan jalan meningkatkan kepekaan bagi insulin dari otot dan jaringan lemak dan hati.

5. Miglitinida
Efek samping yang ditimbulkan dari golongan ini adalah hipoglikemia dan juga peningkatan berat badan. Cara kerjanya adalah mencetuskan insulin untuk segera mkeluar dari pankreas setelah makan. 

apa saja efek samping obat diabetes tipe 2
Nah jika anda ke dokter anda bisa menanyakan kira-kira jenis golongan apa obat yang akan diberikan. Pada umumnya memang golongan biguanida jika anda sering kontrol dan berobat di puskesmas. Nah sedikit info untuk menambah ilmu anda agar lebih hati-hati lagi terhadap obat yang setiap hari anda minum. Karena tentu anda tetap membutuhkan dokter untuk menentukan dosis dan takaran yang tepat. Agar tidak berbahaya bagi tubuh anda sendiri.

Pengertian Terapi Insulin Pada Penderita Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Jumat, 19 April 2013

Sudah taukah anda pengertian dari terapi insulin dalam dunia DM atau diabetes mellitus, biasanya memang dibedakan antara perlakuan terapi insulin bagi DM tipe 1 dan DM tipe 2. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kenapa orang harus merasakan yang namanaya suntik insulin, tentu ada sebab yang mendesak, iya karena memang suntikan ini mutlak diberikan oleh penderita DM tipe 1 yang sel beta pankreasnya telah rusak sehingga tidak mampu lagi memproduksi insulin. Aebenarnya apa manfaat dari insulin, insulin ini begitu penting untuk penyerapan glukosa dari darah ke dalam sel. 
Mari kita mulai dari Dm yang tipe 1 dulu, dosis yang diberikan pada suntikan insulin jenis ini adalah sekitar 0,6 s.d 0,9 UI/kg/ hari. Penderita diabetes tipe 1 memang sangat tidak anjurkan untuk meminum antidiabetika oral.

pengertian suntikan insulin dan dosisnya bagi Dm tipe 1 dan 2
Sedangkan untuk diabetes tipe 2, suntikan insulin sering kali diperlukan bila antidiabetika oral sudah tidak ada pengaruhnya lagi bagi kadar gula darah penderita. Bisa juga disebabkan karena obat minum yang diberikan tidak memberikan efek dan sudah menunjukkan resistensi karen mungkin sudah terlalu sering minum obat oral. Saat ini yang banyak digunakan dalam suntikan insulin pada DM tipe 2 adalah kombinasi antara sulfonilurea dengan insulin (satu injeksi sehari) semakin banyak dimanfaatkan dalam usaha penyembuhan bagi penderita dm tipe 2 ini.
Nah sekarang anda sudah  jelas bukan apa sebenarnya manfaat, penyebab, dan perbedaan suntikan insulin bagi penderita DM tipe 1 dan 2. Semoga bermanfaat bagi kita semua, tetap jaga hidup sehat dengan makan sehat dan olahraga teratur.

Berapa Harga Alat Test Gula Darah (Diabetes), Kolesterol dan Hemoglobin (Hb) di Pasaran?

Senin, 15 April 2013

Tentu banyak dari kita bapak / ibuk yang menginginkan fasilitas sendiri di rumah, dan pasti bertanya sebenarnya berapa harga alat cek gula darah sewaktu, atau puasa, alat test HB dan juga Kolesterol yang biasanya kita gunakan ketika memeriksakan lab di puskesmas atau rumah sakit. Harganya dijual di kisaran 500 ribuan. namun banyak juga yang dijual di kelas 350 ribuan. Namun saat anda membeli sebaiknya anda membeli alat yang memberikan garansi lama. Karena ada juga alat tes gula darah yang berani memberikan garansi seumur hidup jika tidak bisa diservis. Kan lumayan selain anda mendapatkan alat anda juga mendapatkan garansi dalam pemakaian.
harga alat cek gula darah, hemoglobin atau kolesterol 3 in 1.
Saat membeli alat ini di dalamnya biasanya anda akan mendapatkan beberapa set peralatan seperti di bawah ini 
Dalam 1 set alat terdapat :

  • 1 unit alat
  • Layar LCD yang besar
  • Memory yang digunakan untuk menyimpan kadar gula sebanyak 200,Hb 100 dan kolesterol 50
  • Disediakan 10 strip gula darah
  • 5 strip Haemoglobin
  • 2 strip kolesterol
  • Tas alat Untuk tempat alat.
  • Lancing device
  • Jarum lancet untuk melukai
  • Chip test alat sheck
  • baterai dari mesin
  • Buku petunjuk manual mengenai cara penggunaan
Di pasaran banyak terdapat berbagai merk, kalau anda pengen harga murah sebaiknya beli di jakarta karena harga di sana lebih murah. Dan juga anda bisa membelinya secara online, ingat sebelum membeli. Belilah alat yang memberikan garansi life time karena selisih harganya dengan yang biasa juga tidak terlalu mahal. Sebaiknya anda melihat petunjuk penggunaan yang sudah disediakan di packnya. pelajari dengan seksama dan yang perlu diingat adalah kemudahan saat membeli chip dan strip jika terjadi kerusakan atau habis. Tanyakan pada penjualnya. 

Apa Boleh Penderita Kencing Gula (DM) Berpuasa, Apa saja Syaratnya?

Kamis, 04 April 2013

Puasa terutama puasa ramadhan sebenarnya adalah salah satu cara menuju sehat, tentu jika kita orang islam kita akan mengakui bahwa hikmah puasa iu sangatlah banyak jika kita mau untuk melaksanakannya dengan baik. Begitu juga bagi penderita DM, memang dibolehkan namun juga tetap harus memperhatikan beberapa hal penting yang akan kami jabarkan di bawah ini :

  • Sebaiknya sebelum anda melakukan puasa konsultasikan dulu kepada dokter agar dosis obat rutin yang anda minum tetap sesuai. Karena tentu akan ada perubahan jadwal.
  • Sebaiknya anda tetap mengkonsumsi obat DM, yang sudah disesuaikan dosis dan frekuensinya 
  • Jika mengalami gejala hipoglikemi seperti berkeringat, gemetar, lemas, dan kebingungan. Sebaiknya dia harus segera berbuka dengan minum minuman manis. Sirup atau tablet glukosa. 
  • HIndari makan banyak dan berlebihan saat buka puasa maupun sahur, pertahankan diet sehat anda.
  • Perbanyak buah, sayur dan korma, karena gula diserap dengan lambat jadi kenaikan gula akan lebih lambat.
  • Puasa bagi pengidap DM perlu memperhatikan asupan cairan, karena dehidrasi juga akan sangat berbahaya bagi penderita sendiri.


Selain hal diatas, ada beberapa syarat dibolehkannya berpuasa, apa sajakah itu :

  1. Tidak pernah diketemukan riwayat ketoasidosis.
  2. Tidak sedang sakit atau gejala infeksi
  3. Tidak sedang dalam kondisi hamil
  4. Gula darah saat ini bisa dokontrol dengan baik
  5. Tidak terdapat hipertensi atau angina yang tidak terkontrol.

Tentu sebelum berpuasa anda juga harus memenuhi beberapa syarat di atas, karena islam juga tidak pernah memaksakan seseorang untuk berpuasa, jika sedang sakit tentu ada toleransi dan anda tetap bisa melakukan ibadah yang lain yang tidak mengganggu kesehatan anda. 

 
 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...